Senin, 05 Oktober 2015

Nutrisi Tepat Untuk Si Kecil

menjaga asupan makanan selama kehamilan
Ketika hamil, ibu pastinya harus menjaga apa yang mereka konsumsi agar bayi dapat berkembang dengan maksimal dan lahir dalam keadaan sehat. Makanan sehat untuk ibu hamil sangatlah penting, juga perubahan pola makan untuk mengakomodasi pertumbuhan si kecil di dalam kandungan. Selain makanan-makanan yang harus dikonsumsi, ada juga beberapa makanan atau zat-zat yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang hamil karena dapat membahayakan janin. Pada beberapa kondisi, ada juga ibu hamil yang harus meningkatkan konsumsi zat tertentu sebagai salah satu cara mengatasi mual saat hamil melalui makanan.

Sebenarnya, merubah pola makan tidaklah terlalu sulit. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga asupan makanan selama kehamilan.
  • Pilihlah vitamin prenatal yang cocok. Direkomendasikan mencari vitamin yang mengandung 30mg zat besi dan 600-800mg asam folat.
  • Perbanyaklah konsumsi asam folat. Asam folat banyak ditemukan di dalam sereal, roti, pasta, dan tepung yang sudah dilabeli ‘diperkuat dengan asam folat’ pada bungkusnya.
  • Perkayalah asupan zat besi dengan daging sapi maupun ayam. Jika vegetarian, maka telur, bayam, kacang-kacangan, dan lentil dapat menjadi alternatif.
  • Hindarilah alkohol dan minuman keras selama kehamilan, karena alkohol telah ditemukan dapat mengakibatkan cacat lahir pada bayi dan adalah penyebab retardasi mental yang paling umum.
  • Walaupun kopi bukan tabu untuk dikonsumsi selama kehamilan, kopi tetap harus dikonsumsi dalam batas wajar. Terlalu banyak konsumsi kafein dapat menyebabkan detak jantung yang abnormal pada janin.
  • Walaupun wanita hamil seringkali disebut sedang ‘eating for two’, ini bukan jadi alasan untuk ibu makan apapun yang diinginkan. Berat badan yang naik terlalu banyak pada saat hamil akan meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Ibu hamil hanya butuh tambahan 300 kalori tambahan setiap harinya.
  • Walaupun ikan memiliki kandungan yang baik untuk bayi, konsumsi ikan sebaiknya dibatasi karena kandungan merkuri yang dapat menumpuk. Direkomendasikan ibu hamil mengonsumsi 8-12 ons ikan kaya omega per harinya.
  • Pastikan asupan kalsium tetap konstan pada setidaknya 1000 miligram per hari.
Menjaga kesehatan dan asupan nutrisi agar selalu konstan untuk bayi di dalam kandungan sangat penting untuk ibu hamil dan kesehatan buah hati. Diharapkan tips ini dapat membantu orang tua yang akan atau sedang hamil untuk lebih cermat memilih makanan dan minuman. (Dana)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Viva Log

Turunkan

Turunkan Berat Badan 1Kg Perhari

Banyak perempuan yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat . Sudah menjadi rahasia umum jika setela...

All of my Blog

Media Partner

Informasi kontes terbaru